Ogan Ilir

Wow! Delapan Koperasi Terbaik Terima Penghargaan dari Pemkab Ogan Ilir

Inderalaya

Wow sebanyak delapan koperasi terbaik di Kabupaten Ogan Ilir, mendapatkan penghargaan dari Pemkab Ogan Ilir pada Peringatan Hari Koperasi ke-75 tahun ini. Prosesi penyerahan penghargaan ini dilakukan langsung Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Ilir, Nursamsu, di Sentra IKM Desa Tanjung Dayang Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (12/7).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Ogan Ilir Tapip mengatakan, ada beberapa penilaian yang dilakukan untuk menentukan koperasi tersebut berprestasi atau tidak. Antara lain, terkait organisasi, tata laksana dan manajemen, produktifitas, serta manfaat dan dampaknya.

“Ada tiga kategori koperasi yang kita berikan penghargaan. Yakni, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), koperasi konsumen, dan koperasi produsen,” kata Tapip.

Adapun delapan koperasi terbaik yang mendapatkan penghargaan, yakni, Koperasi Wanita Bunda Sejahtera Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja, KSP Agro Mitra Makmur Sukamulia Kecamatan Indralaya Utara, dan Koperasi Karyawan Prima Sejahtera PT SPF di Palemraya Kecamatan Indralaya Utara.

Kemudian, untuk kategori koperasi konsumen terdiri dari Koperasi Pegawai Negeri Muawanah di MTsN 1 Tanjung Raja, Koperasi Serba Usaha Pionir Desa Meranjat, dan Koperasi Serba Usaha Besi Emas Desa Tanjung Pinang 1. Sedangkan, untuk Kategori Produsen diraih oleh Koperasi Ulak Kerbau Sejahtera, dan Koperasi Serba Usaha Perhiptani Ogan Ilir Desa Tanjung Seteko Indralaya.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini bisa memberikan motivasi kepada koperasi-koperasi yang ada di Ogan Ilir, supaya dapat berfungsi secara optimal sebagai lembaga perekonomian masyarakat,” harap Tapip.

Sementara itu, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Ilir, Nursamsu mengatakan, di Ogan Ilir terdapat 80 koperasi yang aktif. Sejauh ini, dia menilai, kinerja dari koperasi-koperasi tersebut sudah berjalan dengan baik.

“Ini membuktikan bahwa keberadaan koperasi saat ini sudah penting di tengah masyarakat. Karena, dapat membantu ekonomi kerakyatan,” kata Nursamsu.#prima

5 1 vote
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button