Pemerintah

Herman Deru Ajak  Peserta Jambore PPI  Hasilkan Karya  Bermanfaat Bagi Masyarakat 

 

Muara Enim – Selain menjadi ajang reuni para Purna Paskibraka Indonesia (PPI) di Sumsel, Jambore Paskibraka Provinsi Sumsel tahun 2022 yang digelar di Kabupaten Muara Enim ditargetkan semakin meningkatkan kekompakan dan kedisiplinan para pemuda di Sumsel. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat membuka Jambore Paskibraka Provinsi Sumsel Tahun 2022 yang dipusatkan di lapangan GOR Pancasila, Kabupaten Muara Enim, Kamis (14/7) pagi. 

Kedisiplinan dan kekompakan berorganisasi maupun secara individu yang tergambar saat menjadi purna maupun sat bertugas menurut Herman Deru hendaknya dapat ditularkan kepada seluruh pemuda di Sumsel maupun mereka yang tergabung dalam organisasi kepemudaan. 

“Setelah menjadi purna, kekompakan dan kedisplian ini Saya harap tetap terjaga bahkan ditularkan ke para pemuda lainnya apapun latar belakang profesi setelah menjari PPI, apakah itu ASN, TNI, Polri, advokat atau wiraswasta. Jika ini terus bergilir maka Saya yakin negara kita akan semakin kokoh,” tegasnya. 

Pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru juga berpesan agar Muara Enim sebagai tuan rumah dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Sebab kegiatan ini akan memicu eskalasi ekonomi dan aktivitas lainnya. 

” Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim Jambore Paskibraka Sumsel Tahun 2022 ini resmi Saya buka.  Semoga kegiatan Jambore ini bermanfaat sebesar-besarnya PPI maupun masyarakat luas,” jelasnya. 

Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pusat, Gousta Feriza mengatakan berkat arahan Gubernur Herman Deru saat ini kepengurusan PPI telah terbentuk di 17 kab/kota di Sumsel. Keberadaan PPI ini menurutnya siap mendukung pemerintah di daerah dalam mewujudkan program pembangunan. 

” Setiap tahun ada sekitar 25.000 lajir Paskibraka. Mereka ini perlu mendapat pembinaan baik di pusat maupun di daerah dan menjadi SDM yang dapat diandalkan dalam membumikan Pancasila dan mendukung pembangunan daerah. Kita harap ini menjadi perhatian  oleh Kepala Daerah,” jelasnya. 

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan. AP. M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih atas kesediaan Gubernur Herman Deru hadir dan membuka Jambore. 

” Bahagia sekali kami Gubernur bisa hadir dan terimakasih sekali kami telah diberi kepercayaan oleh pengurus PPI menjadi tuan rumah. Ini aealah kehormatan. Dan kami berharap peserta dan tamu nyaman dan betah,” jelasnya. 

Melalui Jambore Paskibraka ini Pj Bupati Muara Enim berharap dapat  menciptakan peluang Indonesia menghasilkan SDM yang  berdaya saing, mandiri, bersahaja, inovatif dan global. 

Sementara itu Ketua Pelaksana Kadispora Provinsi Sumsel  H. Rudi Irawan S.Sos. M.Si menjelaskan bahwa kegiatan jambore yang digelar 13-16 Juli 2022 diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba pengibaran bendera merah putih, lomba olahraga tradisional, lomba puisi perjuangan, lomba lagu perjuangan, bakti sosial dan wisata tambang di PTBA. Kegiatan ini sendiri diikuti kurang lebih 132 peserta dari 11 kab/kota. 

Selain menjadi ajang reuni PPI se Sumsel diharapkan kegiatan ini dapat semakin memupuk persatuan dan kesatuan di antara para purna Paskibraka. 

Adapun pembukaan Jambore Paskibraka Tahun 2022 Sumsel ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel, Edward Chandra, Ketua DPRD Kab Muara Enim Liono Basuki, B.Sc, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh, Rimba Anwar, S.I.P, M.I.P, Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto, S.IK., Kajari Muara Enim, Irfan Wibowo.*prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button