Pemerintah

Kolaborasi Kuatkan Sektor Perdagangan Produk UMKM, Menkop dan UMKM Teten Masduki Apresiasi  Herman Deru dan Ridwan Kamil 

 

BANDUNG – Menteri Koperasi dan UMKM RI,Teten Masduki mengapresiasi kepada dua Provinsi yaitu Provinsi Sumsel dan Provinsi Jabar yang terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menampilkan produk  dari masing-masing kedua provinsi tersebut pada puncak  hari UMKM Nasional. 
 
“Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Sel dan Jabar kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM dalam mempromosikan prodaknya,” kata Menteri Koperasi dan UMKM saat Peringatan Hari UMKM Nasional di Cihampelas Walk Bandung Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/8).
 
Apalagi lanjutnya dalam Hari UMKM Nasional ini antara dua provinsi tersebut telah melakukan perjanjinan kerjasama dalam rangka menguatkan perdagangan antar provinsi.
 
“Kerjasama perdagangan yang dilakukan antar dua provinsi ini penting dalam upaya mendorong dan menguatkan belanja prodak UMKM,” katanya.
 
Lanjut dia mengatakan alhamdulillah kuartal kedua ekonomi Indonesia kembali pulih tumbuh dan itu ditompang oleh konsumsi rumah tangga.
 
“Kita terus waspada karena ekonomi global tidak menentu. Untuk itu kita harus mendorong dan konsumsi masyarakat terus diperkuat melalui membuka lapangan pekerjaan serta membeli dan belanja menggunakan produk UMKM,”ucapnya.
 
Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga karena Sumsel mendapat kehormatan sebab UMKM Sumsel bisa menampilkan pada Harnas UMKM. 
 
“Atas izin pak Menteri kami bersemangat dengan pak Riduan Kamil bersepakat untuk melakukan hubungan dagang tukar-menukar komoditas melalui penandantanganan perjanjian kerjasama,” ungkapnya.
 
Menurut Bapak Pembangunan Sumsel itu dilakukannya kerjasama ini agar pemerintah lebih interpensi yang lebih maksimal lagi dalam mendorong UMKM.
 
“Kita tahu bahwa UMKM ini terbukti sangat ampuh meskipun sempat terkontraksi namun ini tetap bangkit karena UMKM berdaya saing luar biasa dan pasarnya jelas sehingga membuat Indonesia termasuk negara yang tangguh,” ujarnya. 
 
Disamping itu selain Sumsel mendorong UMKM, tapi lanjut Herman Deru Sumsel terus berupaya menekan angka kemiskinan melalui program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).
 
“Ada gerakan kami yang dilaunching akhir tahun 2021 program GSMP dimana Presiden sudah mendeungkan penanaman hortikultura dihalaman-halaman rumah. Memang gerakan seperti ini terbukti kuartal terkahir ini penurunan kemiskinan memang bisa konkrit dengan gerakan yang langsung menyentuh kemasyarakat dengan dukungan semua pihak,” ujarnya.
 
Herman Deru beraharap agar Harnas UMKM 2023 dapat di gelar di Sumsel sehingga ada kesimbangan.
 
“Tadi kita sepekat Jabar dan Sumsel berkolaborasi, kita harap Harnas UMKM dan Hari Koperasi itu kita satukan dan kami siap menjadi tuan rumah,” ujarnya.
 
Ditempat yang sama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mengaku bangga atas di selenggarakannya kegiatan Harnas UMKM di Jabar, apalagi kegiatan ini primadonanya adalah Provinsi Sumsel.
 
Ridwan Kamil juga merasa bersemangat sebab peringatan Harnas kali ini akan melalukan perjanjian kerjasama dengan Sumsel. Menurutnya kerjasama ini upaya meningkatkan dan mengangkat produk UMKM tanpa harus impor.
 
“Kita menyepakti kerjasama ini bahwa dunia sedang tidak baik-baik, agar kita tidak terjebak tentu kita perku kerjsama ini,” katanya. 
 
Mudah-mudahan lanjutnya Emil dengan adanya kerjasama seperti ini dapat saling meningkatkan produk dan menguatkan sektor perdangan.
 
“Jadi kalau Sumsel butuh apa barangnya ada di Jabar nanti kita suplai, sebaliknya juga jika Jabar butuh apa Sumsel ada maka Sumsel akan suplai,” katanya.
 
Pada kegiatan Hari UMKM Nasional 2022 ini dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU)  Gubernur Sumsel Herman Deru dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil disaksikan langsung oleh Menteri UMKM RI Teten Masduki.

Kemudian Penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dalam pengembangan kopi dengan BNI, Mandiri, BJB, Asosiasi dan Lembaga Keuangan lainnya disaksikan oleh Menteri UMKM, Gubernur Sumsel dan Gubernur Jabar. 
 
Selanjutnya Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki bersama Gubernur Herman Deru dan Gubernur Ridwan Kamil meninjau Pameran Sumsel Expo 2022.
 
Turut hadir, Ketua DPRD Sumsel, Hj. R.A Anita Noeringhati, Ketua Dekranasda Sumsel, Hj Febrita Lustia HD, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD, para Kepala OPD Sumsel/Jabar dan Para Pimpinan Intansi/Lembaga.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button