Pemerintah

Herman Deru Jadikan Pengorbanan Para Pahlawan Sebagai Inspirasi Dalam Membangun Sumsel

·          Ramah Tamah Bersama LVRI Dalam Rangka HUT Ke 77 Kemerdekaan RI
 
PALEMBANG –  Sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang bangsa yang telah meneteskan keringat dan darah demi kemerdekaan Indonesia, Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar ramah tamah dengan pejuang para pejuang tersebut. Ramah tamah yang digelar di Griya Agung Palembang, Kamis (18/8) tersebut juga sebagai rangka HUT ke 77 kemerdekaan RI.
 
“Ini bukan acara ritual  tapi ini merupakan penghormatan kepada pejuang yang telah meneteskan keringat dan darah untuk negara ini. Termasuk juga kepada mereka yang telah berkontribusi dalam kemerdekaan ini,” kata Herman Deru mengawali sambutannya.
 
Menurutnya, Pemprov Sumsel sendiri akan terus berupaya memberikan perhatian kepada para pejuang tersebut. Termasuk juga meneruskan perjuangan para pejuang tersebut.
 
“Saya ingin kita sebagai pemegang estafet perjuangan ini harus meneruskan keinginan pendahulu. Ini adalah amanah yang harus diteruskan. Karena tidak mungkin ada masa kini jika tidak ada masa lalu,” terangnya.
 
Dia menyebut, para pejuang kemerdekaan tentu harus dijadikan inspirasi dalam perjuangan saat ini.
 
“Jika boleh jujur, kita sangat terinspirasi dengan para pejuang ini. Apalagi ditengah keterbatasan pada masa dulu, para pejuang ini bisa meraih kemerdekaan. Semangat itu kita teruskan dalam upaya pembangunan Sumsel ini,” tuturnya.
 
Kendati telah merdeka dari penjajah, namun Herman Deru menjelaskan, perjuangan harus tetap dilakukan.
 
“Pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan perjuangannya tentu berbeda. Namun esensinya sama, yang berbeda hanya lawannya saja. Saat ini kita harus berjuang melawan kemiskinan, kebodohan dan kezaliman,” jelasnya.
 
Pada kesempatan itu, Herman Deru juga meminta agar para pejuang memberikan arah dan masukannya agar cita-cita bangsa saat ini dapat digapai.
 
“Spirit perjuangan masa lalu harus diadopsi saat ini. Kita berharap agar ada masukan dari perjuangan terdahulu untuk upaya kita saat ini,” bebernya.
 
Sementara itu, Tokoh Pejuang Kombes Pol (Purnawirawan) Teguh Prayitno mengatakan, siap mendukung upaya pemerintah dan membatu dalam menegakkan Pancasila.
 
“Karena kemajuan bangsa ini tidak bisa ditawar lagi. Dan kami sendiri tentu akan mendukung upaya yang dilakukan Sumsel saat ini,” ujarnya.
 
Hadir dalam ramah tamah tersebut, tokoh pejuang kemerdekaan, Pensiunan PNS, unsur TNI dan POLRI, Forkopimda, Paskibraka, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button