Ogan Ilir

Peminat Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Ogan Ilir Berdatangan Ambil Formulir 

 

Inderalaya

Setelah dibuka pendaftaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir hari pertama, untuk pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kecamatan Ogan Ilir, ramai peserta berdatangan mengambil formulir 

Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dermawan Iskandar mengatakan, waktu pendaftaran Panwascam selama tujuh hari, mulai tanggal 21 hingga 27 September mendatang.

“Selama tujuh hari itu, silakan datang langsung ke Sekretariat Bawaslu Ogan Ilir. Kami buka pendaftaran mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00,” kata Iskandar

Setelah masa pendaftaran, Bawaslu Ogan Ilir akan melakukan beberapa tahapan seleksi.

“Diantaranya seleksi administrasi, tertulis dan wawancara,” ujar Iskandar.

Pertama, untuk seleksi administrasi, persyaratan yang dibutuhkan adalah pendidikan minimal SLTA atau sederajat, usia minimal 25 tahun, tidak menjadi anggota partai politik selama lima tahun.

Jika pendaftar sudah bekerja, maka harus mendapat izin dari atasan, dibuktikan dengan surat keterangan.

“Kelengkapan administrasi akan diumumkan tanggal 12 Oktober,” jelas Iskandar.

Tahap selanjutnya, bagi yang memenuhi kelengkapan administrasi, akan mengikuti seleksi tertulis mulai tanggal 14 hingga 16 Oktober.

Hanya enam orang per kecamatan yang dinyatakan lulus seleksi atau tes tertulis dengan bantuan Computer Assisted Test (CAT) ini.

Enam orang tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi akhir yakni tes wawancara mulai tanggal 18 hingga 22 Oktober dan pengumuman kelulusan tanggal 25 Oktober mendatang.

“Hasil seleksi akhir menentukan tiga orang Panwascam untuk setiap kecamatan. Jadi ada 16 kecamatan, masing-masing kecamatan ada Panwascam beranggotakan tiga orang,” terang Iskandar.

Menurut pria berkacamata ini, sesuai ketentuan Bawaslu RI, porsi Panwascam ini 30 persen untuk perempuan.

Dia pun mengajak kepada elemen masyarakat di Ogan Ilir yang berminat menjadi Panwascam, silakan mendaftar.

“Kita berharap peserta yang daftar Panwascam bisa banyak agar bisa dipilih yang berkualitas seusai kebutuhan. Dan juga nanti Pilkades serentak semoga berjalan lancar,” ucap Iskandar.

Salah satu peserta asal Kecamatan Pemulutan bernama Sugeng Wibowo mengatakan tertarik mengikuti dan mendaftar sebagai panwascam dikarenakan tertarik dan pernah berpengalaman sebagai ppk di kecamatan. “Sekalian belajar secara langsung soal kepemiluan,”jelasnya. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button