Ogan Ilir

Pedestrian Percontohan Ogan Ilir Hampir Rampung 100 Persen, Jalur Mobilitas Warga-ASN

Inderalaya

Setelah dibangun selama lebih dari tiga bulan, pedestrian percontohan di Ogan Ilir siap digunakan.

Trotoar ini dibangun di kedua sisi jalan lintas Sumatera (jalinsum) ruas Palembang-Kayuagung di wilayah Indralaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ogan Ilir, Ruslan menjelaskan, pembangunan pedestrian tinggal tahap finishing.

“Rencana selesai pembangunan sebelum pergantian tahun. Memang sebenarnya sekarang sudah bisa digunakan, tapi mau dipoles sedikit lagi,” ujar Ruslan di Indralaya, Jumat (23/12/2022).

Dijelaskannya, pedestrian percontohan sepanjang 777 meter dibangun mulai dari depan halaman kantor KPU Ogan Ilir hingga SMPN 1 Indralaya.

Terdapat jalur khusus difabel, lampu penerangan jalan umum, taman dan pagar pembatas untuk mencegah kendaraan lewat pedestrian.

“Jalur pedestrian ini merupakan percontohan untuk fasilitas pejalan kaki yang akan dibangun di sepanjang jalan utama di Indralaya,” jelas Ruslan.

Untuk pedestrian di depan komplek lama Pemkab Ogan Ilir, juga hampir rampung dibangun.

Saat ini kontraktor sedang menyelesaikan pemasangan lampu jalan, merapikan lantai pedestrian dan jalur aspal untuk tempat berhenti angkutan umum.

“Adapun pekerjaan lain seperti pengelasan tutup drainase dan pemasangan tempat pembuangan sampah organik dan non organik. Secepatnya akan diselesaikan,” kata Ruslan.

Sementara Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menaruh perhatian khusus pada pembangunan pedestrian percontohan.

Menurut Panca, pedestrian ini juga akan menjadi wajah Kabupaten Ogan Ilir karena berada di sisi jalinsum.

Jika pelebaran jalinsum di sepanjang ruas jalan Indralaya direalisasikan pemerintah pusat, jalur pedestrian akan diperpanjang.

“Sekarang (pedestrian) belum diperpanjang karena nantinya kalau-kalau akan ada pelebaran jalan, maka harus membongkar bangunan di sisi jalan tersebut,”kata suami Mikhailia Tikha Alamsjah Wijaya 

Rencananya, pedestrian di depan komplek lama Pemkab Ogan Ilir akan menjadi tempat pemberhentian kendaraan untuk dari dan menuju KPT Tanjung Senai.

“Rencananya tahun depan akan ada kendaraan gratis untuk mengantar warga maupun ASN yang bolak-balik Tanjung Senai. Naik kendaraannya gratis dan berhentinya di pedestrian ini,” kata Panca.

Pemborong H Rustam mengatakan siap memperbaiki beberapa hal sesuai anjuran Bupati Panca Mawardi. “Kita siap mentaati perintah Pak Bupati Panca Mawardi agar pembangunan pendestrian taman dan trotoar lebih sempurna,”ujarnya. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button