Ogan Ilir

Berkah HUT ke-20 Ogan Ilir di Tanjung Senai, Pendapatan Pelaku UMKM Naik 3 Kali Lipat

 

Inderalaya

Berkah HUT ke-20 Ogan Ilir, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di Tanjung Senai meraup keuntungan cukup besar.

Pedagang Baksi Pakde Nugroho dan Pedagang Minuman Zulkarnain yang berjualan di OI Expo mengaku meraih banyak keuntungan

Hal ini karena banyaknya pengunjung datang ke Tanjung Senai untuk sekadar jalan-jalan maupun melihat pameran stand yang dibuka Pemkab Ogan Ilir.

Salah seorang pedagang bakso, Nugroho menuturkan, pendapatannya naik tiga kali lipat sejak berjualan di Tanjung Senai pada Minggu (7/1/2024) lalu.

Pedagang Baksi Pakde Nugroho dan Pedagang Minuman Zulkarnain yang berjualan di OI Expo mengaku meraih banyak keuntungan

"Alhamdulillah, ada peningkatan omzet dibanding hari biasa," kata Nugroho ditemui di Tanjung Senai, Rabu (10/1/2024).

Pria yang sudah belasan tahun berjualan ini mengaku merasakan dampak positif yang luar biasa dengan adanya event seperti bazar UMKM.

Jika biasanya dia menjual 100 hingga 150 porsi per hari, kini bakso racikan Nugroho laris hingga 400 porsi.

Dengan harga seporsi mulai Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu, Nugroho mendapatkan pemasukan hingga Rp 6 juta per hari.

"Omzet naik tiga kali lipat dibanding hari biasa," tuturnya.

Setali tiga uang dengan Nugroho, pelaku UMKM lainnya bernama Sutras mengaku mengalami peningkatan omzet berjualan aneka minuman.

Sutras yang biasa berjualan minuman keliling biasanya hanya dapat menjual rata-rata 100 cup minuman per hari.

Kini aneka minuman seperti jus, susu, coklat, kopi yang dijualnya di Tanjung Senai bisa mencapai 200 hingga 300 cup perhari.

"Kalau harga minuman paling mahal di sini Rp 10 ribu per cup. Pernah kemarin lusa saya laku 300 cup lebih, omzet Rp 3 jutaan," ujar pria asal Indralaya ini dengan sumringah.

Baik Nugroho maupun Sutras berharap bazar UMKM tidak hanya dibuka saat HUT Ogan Ilir saja, melainkan secara berkala di waktu-waktu tertentu.

"Di saat cari uang susah, kami berharap bazar seperti ini dibuka terus untuk membantu perekonomian kami pedagang kecil ini," kata Sutras.

Sementara Bupati Panca Wijaya Akbar menyebut HUT ke-20 Ogan Ilir dan berbagai event yang diadakan di Tanjung Senai memang ditujukan agar pelaku UMKM dapat manfaat besar.

"Diharapkan UMKM di Ogan Ilir semakin menggeliat dan meningkatkan ekonomi kerakyatan," kata Bupati Panca diwawancarai terpisah.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button