Ogan Ilir

Bupati Panca Mawardi Bakal Buka Penggelaran Seni Budaya dan Pameran Potensi Wisata OI di TMII Jakarta

65 Orang Tim Kesenian Asal Caram Seguguk Tampil di TMII

Jakarta

Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi  bakal  membuka Pagelaran Seni Budaya dan Pameran Potensi Wisata Bumi Caram Seguguk Kabupaten Ogan Ilir yang digelar di Anjungan Sumsel Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Minggu (30/10/2022)

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) OI Sayadi, S.Sos melalui Kabid Kebudayaan, kegiatan tersebut secara teknis akan diisi oleh Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI) serta Bidang UKM Disperindagkop OI.

"Untuk teknis pagelaran seni budaya dilakukan oleh Dewan Kesenian, sedangkan pameran potensi wisata oleh bidang UKM Disperindagkop. Namun dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) sebagai penanggungjawab," katannya Sabtu (29/10/2022)

Rombongan Tim Kesenian di bawah komando Ketua Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI), Drs Khairul Kaswan, sudah bertolak dan berada di Jakarta dengan menumpang tiga bus. Turut dalam rombongan juga pegawai Dinas Dikbud OI, pengurus PKK OI, dan beberapa awak media.

Menurut Khairul Kaswan, untuk seni budaya OI yang akan dipagelarkan berupa tarian, lagu-lagu daerah termasuk gitar tunggal Batang Hari Sembilan, atraksi seni pencak silat, sarofal anam, serta drama legenda Putri Pinang Masak.

Sedangkan pameran potensi wisata OI terutama yang terkait dengan potensi wisata kerajinan dan kuliner. Baik Sayadi maupun Kaswan berharap, acara tersebut dapat berjalan lancar, berkesan, dan sukses dalam rangka memperkenalkan dan mengangkat keberagaman seni budaya dan potensi wisata Ogan Ilir.

Sehingga Ogan Ilir akan semakin dikenal serta menarik minat investor berinvestasi di bidang tersebut. Acara ini juga akan dihadiri para pejabat OI yang menuju Jakarta secara bergelombang sejak Jumat 28 Oktober 2022 dan Sabtu 29 Oktober 2022, baik naik darat maupun udara.

Kemudian acara tersebut juga akan dihadiri oleh masyarakat OI yang berdemosili di Jabodetabek.

Adapun seni budaya yang akan ditampilkan pada pagelaran seni budaya OI yakni :

1. Tari sambut Mapak Raje

2. Tari NgandonTari Keris

3. Gitar Tunggal Batang Hari Sembilan

4. Lagu-lagu Daerah Ogan Ilir

5. Atraksi Tari Cabang Duo

6. Atraksi Pencak Silat Buka Sambut Betanggam

7.Drama Legenda Putri Pinang Masak

8. Seni Islami Sarofal Anam

Untuk tampil di acara pagelaran seni budaya tersebut, tim kesenian sudah beberapa kali melaksanakan latihan sebelum berangkat ke Jakarta.Bahkan Sekda OI H Muhsin Abdullah yang akan membawakan lagu Ogan Ilir Cindo. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button