Pendidikan

Calon Wisudawan UBD Ikuti Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja

Palembang

Sebanyak 293 calon wisudawan hadir memadati ruangan untuk mendapatkan ilmu tentang pengembangan karir dan lowongan kerja, yang disampaikan oleh Bank Mega Syariah KCP Basuki Rahmat dan PT. Rifan Financindo Berjangka pada Rabu (24052023) di Aula Prof Ir H Bochari Rachman, Msc (lantai 6) Kampus Bochari Rachman 1 UBD

Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja dengan tema ‘Pentingnya Softskill di Dunia Kerja dan Kenali Potensi Diri Demi Karir Bergengsi digelar untuk membekali calon wisudawan Universitas Bina Darma (UBD) untuk siap terjun dalam dunia pekerjaan.

Kegiatan seminar berlangsung sejak pukul 08.00 WIB tersebut dibuka oleh M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D Wakil Rektor Bidang Akademik.

Dalam memasuki fase baru dari kuliah ke dunia kerja, kita semua menyadari bahwa dalam era persaingan dengan IT dewasa ini, karakteristik dunia kerja mengalami perubahan yang perlu menjadi perhatian kita semua. Mari kita ikuti acara ini dengan fokus dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebagai dosen, kami mendoakan agar kalian semua sukses dalam mengisi peran sebagai mahasiswa Universitas Bina Darma yang membanggakan,” ujar M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D.

Menurut narasumber yang hadir, karir adalah suatu bentuk apresiasi yang membutuhkan keyakinan bahwa kita mampu dan dapat meraih keberhasilan. Hal ini terbukti bahwa keyakinan diri dan softskill menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sedangkan menurut para ahli, softskill memberikan kontribusi sebesar 80 hingga 90 persen dalam mencapai kesuksesan karir.

Selain itu juga, bekerja dengan tekun, bermain dengan semangat, menjalani pelatihan yang intensif, gigih, setia, jelas, dan peduli, serta mengadopsi pola pikir yang positif dengan menghilangkan sisi-sisi negatif merupakan faktor-faktor penting yang memengaruhi kemajuan karir seseorang. Hal ini dikarenakan softskill mencakup berbagai aspek seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, kreativitas, dan adaptabilitas.

“Untuk mencapai kesuksesan kita perlu memulai dengan mengupgrade diri, membangun jaringan dan hubungan, belajar, mengikuti pelatihan, memperbaiki kemampuan berbicara di depan umum, belajar kepemimpinan, mengelola waktu dengan baik, serta menjunjung tinggi integritas dan kejujuran,” ujar Akbar Tri Pratama Rafsanjani S.KM. Branch Manajer Bank Mega Syariah KCP Basuki Rahmat.

Menurut Eko Budhi Prasetyo selaku Chief Business Officer PT Rifan Financindo Berjangka, karir adalah suatu bentuk apresiasi yang membutuhkan keyakinan bahwa kita mampu dan dapat meraih keberhasilan. Hal ini terbukti bahwa keyakinan diri dan softskill menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sedangkan menurut para ahli, softskill memberikan kontribusi sebesar 80 hingga 90 persen dalam mencapai kesuksesan karir.

Kegiatan Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja ini bertujuan untuk para calon wisudawan Universitas Bina Darma agar mereka dapat meningkatkan kesempatan untuk berkarir, bersaing di dunia kerja, menambah pengalaman, serta meningkatkan softskill yang dibekali dari pelatihan. Calon wisudawan tersebut akan mengikuti wisuda periode Mei 2023 pada Rabu, 31 Mei 2023.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button