Pendidikan

Prodi Akuntansi dan Manajemen Universitas Bina Darma Giatkan Program Visiting Lecture

Palembang

 Fakultas Sosial Humaniora (FSH), khususnya Program Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Bina Darma berinovasi menggiatkan even Nasional Program Visiting Lecture.

Program ini mengedepankan metode pembelajaran Akutansi dan Manajemen bersama Universitas Bangka Belitung (UBB), kegiatan berlangsung hari Selasa, 6 Juni 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut Dr. Dewi Sartika, S.E.,M.Si.,Ak. Ketua Program Studi Akuntansi dan Dr. Trisninawati, SE., MM. Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bina Darma.

Adapun dosen tamu dalam kegiatan Nasional Program Visiting Lecture tersebut antara lain Anggraeni Yunita, S.E, M.Si Ketua Jurusan Akuntansi, Wenni Anggita, S.E., M.Si Sektetaris Jurusan Akuntansi, dan Muhammad Qomaruddin Ridwan, S.E, M.Sc Dosen Akutansi.

 

Adapun kerjasama ini diharapkan dapat tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU). Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Budaya meluncurkan Merdeka Belajar episode keenam tentang Pendanaan untuk Perguruan Tinggi. Dengan tiga terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Salah satunya adalah delapan indikator kinerja utama yang digunakan untuk penetapan penyaluran bantuan dana.

Kebijakan pertama pada Merdeka Belajar Episode Keenam merupakan pertama kalinya insentif kinerja akan disediakan bagi perguruan tinggi yang didasarkan kepada capaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Pembelajaran yang digunakan untuk mencapai target pembelajaran pada Program Studi S1 Akuntansi adalah sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa atau lebih dikenal dengan Student Centered Learning (SCL).

Sistem pembelajaran tersebut diartikan bahwa dosen berperan sebagai fasilitator dan motivator, selanjutnya mahasiswa lebih menekankan pada kemandirian dalam mempelajari dan menggali informasi dan pengetahuan terkait dengan bahan kajian dalam kurikulum Program Studi Sarjana Akuntansi.

Mahasiswa didorong untuk “learning how to learn” sehingga akan memunculkan sikap kreatif, mandiri, disiplin, berpikir kritis, komunikatif dan mampu bekerjasama dengan baik dalam tim, mempunyai keahlian teknis yang baik, memiliki wawasan global, dan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Nuzsep Almigo. S.PSi. M. Sc. Ph.D Dekan FSH Universitas Bina Darma dan Dr. Rulyanti Susi Wardhani, S.E., M.Si Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi UBB.

“Rangkaian kerjasama Nasional Program antara UBB dengan FSH Program Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Bina Darma bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa serta meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujar Dr. Dewi Sartika, S.E.,M.Si.,Ak.

Lebih lanjut dikatakan dengan adanya kegiatan tersebut, juga dapat tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) terkait dengan mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus sesuai yang di targetkan. Nasional Program Visiting Lecture ini bertemakan ‘Peran Akuntan Dalam Manajemen Bisnis.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button