Pendidikan

Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Pertama Di Indonesia Mengajar di UBD

Palembang - Universitas Bina Darma (UBD) Palembang sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Sumsel yang dikenal dengan ‘UBD Bermutu’ tak hanya menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional, tapi memiliki SDM dosen yang berkpmpeten. Bahkan, Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU adalah guru besar bidang ilmu komputer pertama di Indonesia saja mengajar di UBD.
 
Sejak kecil, Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU telah bercita-cita menjadi Guru Besar atau Professor. Tekadnya itu terwujud pada tahun 2002. Menurutnya tugas Guru Besar dan Lektor Kepala bukan hanya untuk akademik saja, akan tetapi juga coaching dan mentoring.
 
“Coaching dan mentoring artinya adalah kegiatan membimbing dosen-dosen muda untuk dapat terus naik jabatan akademiknya. Itu harus diadakan secara terstruktur dalam bentuk program percepatan Guru Besar”, ucapnya.
 
Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU menyampaikan banyak dosen-dosen Universitas Bina Darma yang memiliki potensi untuk menjadi profesor dalam waktu tidak terlalu lama asal dilakukan kegiatan coaching dan mentoring.
 
Untuk mempercepat terwujudnya hal tersebut, ia mengatakan bahwa Universitas Bina Darma perlu mengadakan program percepatan Guru Besar. Program percepatan Guru Besar ini semacam bimbingan pada dosen-dosen muda supaya mereka segera mencapai jabatan akademik Guru Besar atau Professor. Dengan makin banyaknya dosen-dosen dengan jabatan akademik Professor, maka tujuan menuju UBD Unggul 2025 akan dapat terwujud.
 
“Menjadi Professor itu bukanlah hal yang sulit, sudah di buktikan oleh banyak orang, bahkan di usia muda pun bisa. Kalau dihitung misalnya, sudah ada 6 orang murid saya yang sudah menjadi profesor. Saya dulu mencapai jabatan akademik guru besar ketika masih di kisaran usia 40an. Dan banyak sekarang dosen-dosen bahkan di bawah usia 40 sudah mendapatkan jabatan akademik guru besar. Tetapi memang harus ditekuni dan yang penting adalah percaya bahwa menjadi profesor bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk dicapai”, tutupnya.
 
Sementara itu, Rektor UBD Dr. Sunda Ariana, M.Pd., MM berharap masyarakat tak perlu khawatir memilih UBD sebagai Perguruan Tinggi pilihan dalam melanjutkan studi. “Karena kita memiliki SDM dosen yang berkompten dan profesional,” pungkasnya.(*)
0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button