Ogan Ilir

Bupati Panca Serahkan 8 Unit Alsintan Anyar Untuk Percepat Kegiatan Pertanian di Ogan Ilir

 

Inderalaya

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyerahkan delapan unit alat pertanian (alsintan) anyar. Alat pertanian tersebut berupa Combine Harvester dan Traktor Roda 4 yang diparkir di depan Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai di Indralaya, Ogan Ilir, Kamis (2/11/2023)

  

Tampak enam unit combine harvester dan dua unit traktor roda empat dipersiapkan untuk digunakan sejumlah kelompok tani yang ada di Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyerahkan delapan unit alat pertanian, yang merupakan aspirasi 2 anggota DPRD yaitu M Ali dan M Ikbal

Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, delapan unit alsintan tersebut merupakan hasil aspirasi DPRD Ogan Ilir melalui APBD Ogan Ilir.

"Alsintan ada combine harvester dan traktor roda empat untuk mendukung kegiatan pertanian," kata Bupati Panca di sela penyerahan alat pertanian

Sebelum menyerahkan kunci kendaraan, Bupati Panca menjajal menghidupkan mesin alsintan.

Bupati Panca berharap alsintan ini dapat digunakan dengan baik oleh para petani yang mendapatkan bantuan.

"Manfaat alsintan ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan mengurangi cost petani yang selama ini sewa peralatan tani," kata Bupati Panca.

Delapan unit alsintan ini pun dibagikan kepada kelompok tani yang berasal dari beberapa kecamatan diantaranya Indralaya, Rantau Panjang, Pemulutan, Pemulutan Selatan dan Muara Kuang.

Anggota Komisi I dan Komisi III DPRD Ogan Ilir, Muhammad Ali dan Muhammad Iqbal selaku inisiator dana aspirasi mengatakan, alsintan bagi para petani rencananya akan terus ditambah sesuai kebutuhan.

"Tahun depan juga kami mengajukan kendaraan towing untuk mengangkut alsintan agar mobile bisa digunakanan beberapa kelompok tani dalam suatu kecamatan. Alhamdulillah harga per unit kendaraan pertanian tersebut antara Rp400-500jutaan. Ini tahun kedua saya mengajukan aspirasi alat pertanian. Mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok petani untuk meningkatkan swasembada pangan," kata Muhaamad Iqbal.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button