Pendidikan

Digitalisasi Terhadap UMKM Peluang atau Tantangan?

Digitalisasi Terhadap UMKM
Peluang atau Tantangan?
(Mahasiswa Annisa Julia Sari, Siska Amelia, Lusy Apriani Universitas IBA Palembang)

Opini- Digitalisasi merupakan proses perubahan yang terjadi pada teknologi yang bersifat analog ke teknologi yang bersifat digital . Proses yang terjadi kemudian banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, hingga saat ini industry sudah semakin modern dan mengandalkan teknologi tersebut untuk terus menopang oprasionalnya.

Mahasiswa Annisa Julia Sari, Siska Amelia, Lusy Apriani Universitas IBA Palembang

Perkembangan teknologi digital semakin pesat seiring berjalannya zaman .Di zaman sekarang dengan teknologi yang semakin canggih dan menjual produk-produknya secara online melalui marketplace menjadi suatu pemecahan masalah bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk bertahan hidup dan membantu perekonomian di Indonesia. Percepatan digitalisasi UMKM kini sudah diakui sebagai langkah penting dalam menjadikan UMKM lebih tangguh sebagai bagian dari upaya pemulihan perekonomian semenjak pandemi di Indonesia.

Hadirnya digitalisasi pada UMKM diharapkan membawa banyak peluang bagi UMKM agar mereka dapat mendominasi pasar domestik karena digitalisasi mampu menolong UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka, dengan menerapkan teknologi digital seperti marketplace, dompet digital, maupun aplikasi lainnya, namun digitalisasi juga memiliki beberapa tantangan bagi para pelaku UMKM seperti permasalahan sumber daya manusia dan permasalahan pengetahuan digital. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis online penting bagi pelaku UMKM dan pembeli memahami tata cara menggunakan teknologi digital sebelum melakukan transaksi online.

Peluang atau Tantangan?

Digitalisasi dapat membantu UMKM membuka pasar dan pelanggan baru, menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia mencapai lebih dari 210 juta pada tahun 2022 (MSME Empowerment Report 2022).

Untuk menggerakan digitalisasi dan mempermudah pelaku UMKM dalam menghadapi berbagai perubahan saat ini, pelaku UMKM harus memiliki kemampuan ahli digital dan internet dikarenakan hal ini sudah mutlak yang hanya dikuasai jika ingin bertahan dalam persaingan usaha saat ini. Pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus dalam perkembangan yang lebih baik dan tertata pada UMKM. Hal ini dikarenakan perkembangan yang pesat pada pertumbuhan UMKM di
Indonesia dan peran UMKM yang cukup penting dalam pembangunan Indonesia.

Digitalisasi bagi pelaku UMKM menawarkan berbagai peluang seperti jangkauan pasar yang luas dan pemasaran efektif dan efisien. Kehadiran digital, UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial di wilayah yang lebih luas, baik lokal maupun internasional. Dengan menggunakan media sosial, situs web, dan strategi pemasaran digital lainnya, UMKM dapat memperluas pemahaman mereka tentang perilaku konsumen dan bisa lebih mudah untuk mengarahkan pemasaran ataupun promosi dagangannya dengan lebih efektif. Namun, ketika bertransformasi ke digitalisasi, tentunya UMKM akan menghadapi beberapa tantangan seperti permasalahan sumber daya manusia. Sebagian besar pelaku UMKM belum mempunyai kesiapan sumber daya untuk menggunakan teknologi informasi. Dengan mayoritas tingkat pendidikan masyarakat yang masih didominasi oleh tiga golongan; lulus SD, tidak lulus SD dan tidak bersekolah, literasi digital UMKM merupakan hal mendasar yang harus segera diatasi.

Dan juga kurangnya keterampilan dan pengetahuan digital di kalangan pemilik UMKM dan karyawan terutama di daerah pedesaan, hal ini mempersulit mereka dalam memanfaatkan teknologi dengan efisien. Maka dari itu, penting bagi penjual maupun pembeli yang bertransaksi secara online memiliki pemahaman terhadap teknologi digital agar tidak saling merugikan antara pelaku UMKM dan masyarakat yang menggunakan platform perdagangan online.#rel

5 2 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button