Ekonomi - Bisnis

Semarakkan Bulan K3 Nasional, Personel Security Kilang Pertamina Plaju Unjuk Kebolehan Dalam Lomba Senam Tongkat Borgol

 

Palembang

Dalam rangka menyemarakkan Gerakan Nasional (Gernas) Bulan K3 Nasional, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III terus menggelar berbagai rangkaian kegiatan, sejak 6 Februari hingga 5 Maret 2024 mendatang.

Sebagai salah satu bagian dari Fungsi HSSE (Health, Safety, Security & Environment), security Kilang Pertamina Plaju juga turut memeriahkan dengan pergelaran lomba senam tongkat borgol untuk personelnya, Senin (26/02/2024) di Gedung Balai Ria, Komperta Plaju.

Dengan disaksikan tiga dewan juri dari unsur Kepolisian (Direktorat Binmas Polda Sumsel) dan personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) TNI, sebanyak 8 tim tampil secara bergilir dengan gerakan senam tongkat borgol.

*Lindungi Obvitnas*

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Perliansyah mengatakan, lomba ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan ketangkasan personel security saat bertugas dalam pengamanan Kilang Pertamina Plaju sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas).

“Sebagai salah satu Obvitnas, kami berkomitmen menjaga keamanan operasional Kilang Pertamina Plaju dari potensi dan ancaman gangguan, salah satunya dengan memastikan kecakapan tim security yang selalu bekerjasama dengan Polri dan TNI,” ujar Perliansyah.

Section Head Security-HSSE Kilang Pertamina Plaju, Suharianto menambahkan bahwa tongkat dan borgol merupakan atribut anggota kepolisian dan satuan pengamanan (Satpam) yang mengenakan pakaian dinas.

Keduanya memiliki fungsi pertahanan maupun saat menyerang, bukan sekedar hiasan, melainkan harus difungsikan sebagaimana mestinya.

“Tongkat dan borgol merupakan salah satu sarana prasarana yang dapat menunjang tugas dan kinerja security, dan bukan sebagai pajangan,”

Gerakan menggunakan tongkat dan borgol itu pun, bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh. Namun, ada fungsi bertahan dan menyerang.

Suharianto menyampaikan, dalam drill borgol, terdapat gerakan borgol sebagai alat untuk memborgol, borgol sebagai alat untuk memukul, borgol sebagai alat untuk menangkis.

Sementara, dalam drill tongkat, terdapat 22 gerakan yang digunakan untuk mengatasi lawan.

Lomba digelar antar shift bagi personel security yang bertugas di kilang maupun di luar lingkungan kilang.

*Dukung SDGS & ESG*

Melalui peningkatan skill personel Security ini, Kilang Pertamina Plaju berperan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada tujuan kesembilan, dengan meningkatkan Industri Inklusif dan Berkelanjutan, serta turut mendukung tercapainya pilar Governance dalam aspek ESG.#prima/rel

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button