Palembang

Ribuan Wong Palembang Antusias Sambut Kedatangan 7 Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU

Palembang

Ribuan masyarakat kota Palembang antusias menyambut kedatangan 7 Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara (TNI AU)
ke Palembang, dengan tema untuk Open Base kali ini adalah “TNI AU Bertempur Jauh di Depan dan di Atas, Namun Selalu Dekat di Hati Rakyat”.

The Jupiter disambut langsung oleh Komandan Lanud Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S. yang didampingi Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumatera Selatan Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc, Wakil Ketua DPR Sumsel H. Giri Ramanda Kiemas, S.E., M.M. Wakapolrestabes Palembang AKBP Andes Purwanti, Serta perwakilan dari Danlanal Palembang, perwakilan dari Kejari Palembang, Dandim 0418/Palembang, Perwakilan dari Korem 044/GAPO Palembang dan lain lain.

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S. mengatakan, Alhamdulillah Jupiter Aerobatic Team (JAT) telah selesai melaksanakan misi Singapore Air Show kemudian juga dari pembukaan F1 Power Boat Danau Toba 2024 berlangsung di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024) kemarin dan rencana Home Base telah landing dengan aman dan selamat di lanud SMH Palembang ini, Insya Allah besok mereka akan kembali ke Home Base mereka di lanud Adisucipto,” kata Rizaldy, saat usai menyambut kedatangan Jupiter Aerobatic Team di Apron Baseops Lanud Palembang, Senin (4/3/2024)

Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, menuturkan, Lanud SMH Palembang Sumatera Selatan ini telah mendapatkan kehormatan telah dapat menerima mengantar Jupiter Aerobatic Team ke Singapura show. Kemudian kembalinya juga melalui Lanud SMH Palembang, ini merupakan suatu kesempatan yang sangat luar biasa dimana antusias masyarakat mulai dari awal datang sudah mencintai manuver dari Jupiter Aerobatic Team.

Kemudian kami kemas lagi dengan Open Base hari ini dan Jupiter Aerobatic Team pada hari ini telah menampilkan keahliannya yang sangat membanggakan sehingga masyarakat tentu akan lebih mencintai dari kita,” tuturnya.

Dijelaskan Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, adapun jenis-jenis pesawatnya antara lain ada C-130 Hercules long body, dan 1 pesawat Hercules Shot body serta 7 pesawat Jupiter Aerobatic Team yang terdiri dari Jupiter 1/Flight Leader Mayor Pnb Ferdian Habibi, Jupiter 2/Right Wing Mayor Pnb I Gede Ngurah S.W., Jupiter 3/Left Wing Kapten Pnb Sang Made Yogi, Jupiter 4/Slot, Mayor Pnb Bayu Anugerah, Jupiter 5/s ada zsSynch Mayor Pnb Pujo Setyo Anggoro, Jupiter 6/Syncro Mayor Pnb Ari N. Widodo, serta Jupiter 7/Narator Kapten Pnb Ahmad Finandika.

“Jadi ada empat kegiatan kemarin yang pertama waktu beliau-beliau
Jupiter Aerobatic Team datang dari Jogja menuju ke Singapura air show lewat sini, kemudian mereka berangkat dari sini ke Singapura. Sekarang datang setelah selesai melaksanakan misi luar negeri dan besok akan pulang ke Jogjakarta lagi,” jelasnya.

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumatera Selatan Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc mengungkapkan, kegiatan hari ini sangat luar biasa kami dari mewakili pemerintah provinsi Sumatera Selatan sangat memberikan apresiasi yang luar biasa hari ini terhadap Jupiter Aerobatic Team ini yang telah mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional dan Alhamdulillah hari ini sudah pulang dan dilaksanakan Open Base best hari ini terima kasih,” ungkapnya.

Salah satu penerbang Jupiter 1/Flight Leader Mayor Pnb Ferdian Habibi, menambahkan, pengalaman waktu di Singapore Air Show 2024 sangat membanggakan, dimana kita bisa mewakili salah satu negara terbesar di Asia tenggara yang dimiliki Indonesia yang memiliki Jupiter Aerobatic Team di Singapura,” ucapnya.

Di sana kita menunjukkan kemampuan penerbang TNI AU dan bisa bersaing dengan tim aerobatik yang lainnya di sana, karena faktor cuaca jadi kita hanya boleh bermanuver di depan penonton saja, tidak boleh crossing ataupun yang melewati penonton sehingga kita harus mempersiapkan dengan matang semua manuver dan harus bisa dapat terlaksana dan harus tetap indah. Untuk program selanjutnya ke depan yang paling sangat kami tunggu yaitu penampilan Jupiter di 17 Agustus 2024 tapi kali ini di Ibu Kota Negara Nusantara,” katanya.#ika

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button