Pemerintah

Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Pilgub Sumsel 2024, Simak Pesan dan Harapannya

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan  Agus Fatoni resmi me-launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumsel 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang pada Minggu (5/5)

Fatoni menyampaikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Indonesia merupakan implementasi dari proses demokrasi yang diamanatkan oleh konstitusi.

Sukses penyelenggaraan pemilihan setidaknya ditentukan oleh empat unsur, yaitu adanya dukungan dan fasilitas dari pemerintah, penyelenggara pemilihan yang mandiri dan berkualitas, peserta pemilihan yang taat terhadap peraturan serta masyarakat yang cerdas dan santun berpolitik,” kata Fatoni dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (7/5)

Fatoni menyebut untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilihan, pemerintah daerah telah memberikan bantuan dana hibah pemilihan serentak kepada KPU dan Bawaslu Sumsel

Terdapat 38 provinsi, kecuali DI Yogyakarta, serta 514 kabupaten/kota yang menggelar pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024.

Hasyim juga menyampaikan apresiasi kepada Pj Gubernur Agus Fatoni yang telah memberikan dukungan untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Saya juga mengajak agar masyarakat Sumsel turut berpartisipasi aktif pada pemilihan pada 27 November mendatang,” pesan Hasyim Asya

Ketua KPU Provinsi Sumsel Andika Pranata Jaya menambahkan pemilihan gubernur-wakil gubernur secara langsung pada tahun ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan di Sumatera Selatan.

Dia menyampaikan momentum peluncuran harus dilakukan di kantor KPU sebagai pusat penyelenggaraan pemilu.

Andika juga menyinggung tingkat partisipasi pemilih pada pemilu, baik secara nasional maupun di Sumsel.

Dia menyebut pada 2019 lalu, target partisipasi pemilih 77 persen secara nasional.

"Di Sumsel pada tahun 2019 mencapai 83 persen," sebutnya.

Kemudian partisipasi pemilih pada Pilpres 2024 cukup tinggi, yaitu 84,82 persen.

"Begitu juga pada Pileg ada di kisaran 84 persen,” ungkapnya.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button