PALI

Festival Sagarurung PALI Dibuka: Meriahkan Hari Koperasi Nasional ke-77 dengan Beragam Acara dan Penghargaan

PALI, JS.com- Festival Sagarurung resmi dibuka di Lapangan Gelora 10 November Komperta, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Kamis (25/7/2024). 

Acara yang digelar untuk memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77 ini berlangsung dengan kemeriahan dan antusiasme tinggi.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting, antara lain Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Ahmad Zabadi, SH, MM; Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Amirudin, M.Si; Sekretaris Daerah Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH, MH; Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H; serta berbagai tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Acara dimulai dengan penampilan memukau dari Smenew Band dan Duo Singer Senjang, disusul Tari Tepak Serapat Serasan. 

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Jajang, S.Hi, sambutan dari Sekda Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH, MH, mewakili Bupati PALI, menandai dimulainya festival.

“Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten PALI, kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, khususnya Kepala Deputi Bidang Perkoperasian, Ahmad Zabadi, SH, MM, beserta jajarannya. Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana promosi dan penggerak pemberdayaan usaha mikro serta ekonomi berbasis kerakyatan dan kearifan lokal,” ujar Kartika Yanti.

Festival ini juga menampilkan pemberian penghargaan dan bantuan yang signifikan, termasuk KUR Subsidi Bunga 0%, bantuan peralatan produk UMKM PALI, penghargaan untuk Kades Berprestasi Tingkat Nasional, serta pembagian 3000 sertifikat tanah dan simbolis laptop serta motor untuk tenaga PKH.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Basyarudin Akhmad, M.Sc, mewakili PJ Gubernur Sumatera Selatan, menekankan pentingnya Hari Koperasi Nasional dalam membangun koperasi yang berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong royong. 

“Semoga kegiatan ini menambah semangat koperasi dalam membangun perekonomian Sumatera Selatan,” ujarnya.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Ahmad Zabadi, juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten PALI. 

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Koperasi dan UKM serta seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini. Partisipasi dalam kegiatan ini adalah peluang untuk memperluas kemitraan dan memperkaya wawasan atas dinamika pasar. Kami berharap para pengurus dan anggota koperasi selalu menjaga integritas dan profesionalisme dalam meningkatkan kualitas koperasi,” ungkap Ahmad Zabadi.

Festival Sagarurung yang berlangsung dari 25 hingga 27 Juli 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni, termasuk Wulan KDI, Tari Kreasi, dan New Cavilla Band. 

Selain itu, festival ini menampilkan pameran UMKM yang diikuti peserta dari luar Kabupaten PALI, lomba kreasi inovasi Sagarurung, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Sebagai bagian dari program rutin Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Festival Sagarurung bertujuan untuk mempromosikan produk khas UMKM PALI di tingkat kabupaten hingga nasional. 

Dengan tema "Koperasi Maju, Indonesia Emas," festival ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan ekonomi berbasis kerakyatan serta kearifan lokal.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, bersama Kapolsek Talang Ubi Kompol Rifan Wijaya, ST, mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama acara. 

“Marilah kita bersama-sama untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif,” ajak Kapolres PALI.

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button