Diguyur Hujan, Askolani dan Isteri Jajal Kecanggihan Alat Traktor Boad Membajak Tanah

  • Whatsapp

 

Banyuasin,JS

 Seolah tak ada waktu untuk santai walaupun dihari libur, Bupati Banyuasin H Askolani didampingi isteri dr ri Fitriyanti dan keluarga langsung menjajal kecanggihan Alat Traktor Boat dalam membajak tanah, disekitar areal persawahan pribadinya di Dusun Panjaitan Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Minggu 20 Februari 2022.

Bupati Banyuasin, H Askolani, SH,MH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak hanya Bupati, sang istri bersama sang Putri pun tak ingin ketinggalan menjajal kecanggihan alat tersebut dalam membajak sawah, meskipun areal persawahan sedang diguyur hujan deras.

“Dengan alat ini dalam waktu 2 jam perhektare bisa membajak tanah, rotari, hingga membalik tanah, di areal persawahan dengan kedalaman hingga 50 cm masih bisa. Ini adalah Inovasi untuk areal lahan rawa, ini kita lakukan uji coba alat ini oleh Kelompok Tani Marhaen Banyuasin,” katanya.
 
Sementara itu, Ariyanto, SP PPL Lubuk Lancang menjelaskan, sistem kerja Traktor Boat ini hampir sama seperti Traktor 4 biasa, namun ini bisa terjun ke lahan yang masih terendam banjir, walaupun lahan banjir, tanah berlubang, lumpur dan cuaca hujan alat tetap bekerja dengan maksimal. Dengan bahan bakarnya juga lebih hemat yakni 9 Liter per hektare. Alat tersebut juga dapat bekerja dilahan yang kering maupun basah. bahan bakarnya juga lebih hemat yakni 9 Liter Solar. Lanjut dia, dengan pengolahan lahan spt ini, maka nyaris musim tanam hampir tak berjarak yg berarti dalam 1 tahun bisa IP400.
 
“Untuk di Sumsel ini baru ada 2 alat ini yang dibeli secara Pribadi milik Kelompok Tani Marhaen Banyuasin, dan diharapkan alat ini menjadi Pilot projek untuk mengatasi masalah pengolahan tanah, untuk waktu tanam. Ini juga menjadi Bahan expose Pilot percontohan Pertanian Maju Modern secara mandiri, dimulai oleh Bupati Banyuasin Bpk. H. Askolani dan istri, Ibu dr. Sri Fitrianti,” jelasnya.#prima
0 0 vote
Article Rating

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments