Pemerintah

Sekda SA Supriono Dukung Sosialisasi  Implementasi Program ASN Ber-Akhlak di Sumsel 

PAlEMBANG- Sekda Provinsi Sumsel S.A Supriono mengatakan akan  mendukung implementasi program ASN Ber-Akhlak di wilayah Sumsel. Hal itu dikatakannya saat menerima audiensi Tim ACT Consulting (ESQ) Group terkait kegiatan implementasi core values Ber-Akhlak & Employer di lingkungan Pemprov di ruang kerjanya, Senin (18/4) sore. 

Pada prinsipnya kata Sekda Ia menyetujui adanya sosialisasi dan implementasi program tersebut. Namun Ia berharap sosialisasi dan implementasi ini dilakukan secara button up. Melalui program ini diharapkannya para ASN di lingkungan Pemprov Sumsel semakin berakhlak dan mampu menyeimbangkan urusan duniawi dan ukhrawi. 

“Kalau pimpinannya sudah memberikan contoh yang baik maka ke bawahnya pun akan baik. Untuk itu silahkan diatur dan dikoordinasikan dengan OPD terkait,” jelas Sekda. 

Menurut implementasi dapat dilakukan sedemikian rupa sesuai dengan tataran birokrasi apakah misalnya dimulai dari eswlon 3 atau staf-staf potensial. 

” Termasuk apakah ini dilakukan swcara offline atau online silakan diatur,” tandasnya.

 

Sementara itu Area Regional Manager ACT Consulting ESQ Group, Andry Fallash mengatakan peluncuran Core Values Ber Akhlak ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.  

Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

“Ini bertujuan agar nilai budaya dan kerja yang harus dimiliki ASN setiap daerah diseragamkan. Sehingga misalkan ada ada mutasi lebuh mudah karena core valuesnya sama,” jelasnya. 

Lebih jauh Andry mengatakan untuk mengimplementasikan program ini ada tiga langkah yang akan mereka lakukan. Pertama yakni mensosialisasikan program ini agar semua ASN hingga ke pelosok tahu dan peduli. Kedua dengan internalisasi training 2-3 hari secara langsung maupun menggunakan platform digital kemudian yang ketiga mengkamoanyekannya secara luas. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Harian Forum Komunikasi Alumni (FKA) Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Elfan Gema Angkasa, Ketua Bidang Organisasi Sumsel Dr. Duror, Anggota Bidang Hubungan Antar Lembaga FKA ESQ Sumsel Meiriansyah Aminus, Ketua Harian II FKA ESQ Sumsel Andi Nurbaya, Sekretaris FKA ESQ Sumsel Irvani, Kepala Biro Organisasi Setda Sumsel Muhammad Zaki Aslam, Sekretaris BKD Provinsi Sumsel, dan Ismail Fahmi, S.IP, M.Si.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button