PalembangPemerintah

DPRD Sumsel Gelar Paripurna Istimewa,Rayakan HUT Sumsel Ke-76

 

Palembang

# Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan#

Guna merayakan HUT Sumsel Ke-76, DPRD Prov Sumsel menggelar rapat paripurna istimewa. Jika selama ini paripurna digelar di auditoium DPRD Provinsi Sumsel, Selasa (17/5) diadakan di gedung Dining Hall Jakabaring Sport City (JSC) Jakabaring Palembang.

Mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi Ke-76, Kita Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan”. Rapat istimewa dihadiri unsur pimpinan DPRD Provinsi Sumsel, Gubernur Sumsel H Herman Deru serta wakil gubernur H Mawardi Yahya.
Sebelum beri sambutannya Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj RA Anita Noeringhati. SH.MH, sempat memberikan pantun segar kepada semua peserta yang hadir.
Anita juga menjelaskan, sedianya hari jadi Provinsi Sumsel jatuh pada tanggal 15 Mei 2022 yang lalu. Karena bertepatan dengan hari libur serta adanya perayaan Waisak, makanya hari jadi provinsi Sumsel ke-76 diundur hingga tanggal 17 Mei 2022.

Dijelaskannya, peringatan hari jadi ini sendiri sebagai wujud syukur dengan memberikan ucapakn HUT Sumsel ke-76. “Kita harapkan momentum ini akan semakin memantapkan serta meningkatkan dan memperkokoh semangat juang. Sehingga dapat menghantarkan Sumsl menjadi Provinsi terbaik, kedepannya,” ujarnyanya

Dihadapan peserta yang hadir secara offline maupun virtual, dia juga mengatakan rapat dilakukan sebagai wujud sukur kepada Allah SWT. “Ini adalah wahana untuk merepleksi diri untuk mewujudkan pembangunan di Sumsel,” ujarnya.

Menurutnya, dengan penuh kesadaran tantangan kedepan tidaklah mudah. Sehubungan dengan covid-19, tentunya mengurangi banyak aktifitas dan sangat berdampak. Baik dari tingkat perekonomian rakyat. Karenanya agar visi serta wujud Sumsel kedepan semakin maju setidaknya diperlukan kerjasama dan bahu membahu.
“Kita kenang sejarah bangsa, dengan bekerjasama bahu membahu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga Sumsel dapat maju seperti sekarang ini,” katanya

Momentum tersebut menurutnya, baik untuk kita mencontoh para pelaku sejarah dan pembangunan yang memberi kontribusi nyata bagi Sumsel. Baik terhadap capaian pembangunan Sumsel yang diupayakan sebelumnya. Dan kedepan kita akan mewujudkan Sumsel lebih maju.

Dengan tema Dengan Semangat Hari Jadi Ke-76 Kita Wujudkan Sumsel Mandiri Pangan. Sedikit mengulas cerita provinsi Sumsel, menurut Anita, nama Sumsel sendiri melalui kerajaan sriwijaya gaungnya sampai ke manca negara dalam hal ini Madagaskar.

Sebelum berdirinya hari jadi Sumsel tahun 15 Mei 1946, kepulauan Sumatera sebelumnya terdapat tiga keresidenan yakni dikepalai gubernur muda Sumatera utara, gubernur muda sumatera tengah dan gubernur muda sumatera selatan. Baru kemudian dibentuk keresidenan Sumsel, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.

“Sumsel patut berbangga. Karena warga Sumsel banyak menjadi pejabat tinggi di Indonesia. Sehingga berkontribusi pada pembangunan nasional,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, apresiasi juga diberikan kepada Gubernur dan wakil Gubernur. Dimana menurut ketua DPRD ini, diterimanya banyak penghargaan. Apresiasi yang diberikan juga termasuk banyaknya capaian kinerja Gubernur Sumsel yang inovatif dan kreatif dan kreatif. Juga dalam hal penanganan covbid-19.

“Apresiasi juga kami berikan kepada Wagub, Kapolda, Pangdam, Tim Medis dan sebagainya dalam menurunkan angka covid,” ujarnya.
Begitupula dengan adanya pencapaian Sumsel dalam menurunkan angka kemiskinan dari September 2020 ke September 2021.

“Ini merupakan motivasi bersama secara terus menerus dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Tak lupa juga kita sampaikan kepada mantan Gubernur, mantan pimpinan DPRD, walikota dan bupati. yang memberikan kontribusi untuk memajukan dan mengembangkan Sumsel tercinta. Sehingga dapat mencapai kondisi Sumsel yang banyak kemajuannya. Berbuat lebih untuk Sumsel. Hubungan sejajar DPRD dan pimpinan dengan penuh kebersamaan serta harmonisasi. Mari terus bergandeng tangan mantapkan keakraban dan kebersamaan agar Sumsel semakin lebih maju. 

Dalam kesempatan Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak semua elemen masyarakat Sumsel bahu-membahu menguatkan posisi Sumsel sebagai Provinsi Lumbung Pangan Nasional.

Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

Hal itu disampaikan Deru saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa dengan agenda tunggal DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel yang jatuh pada 16 Mei 2022.

Deru menyampaikan, pada tahun 2021, telah di-launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang merupakan salah satu program strategis guna mengubah mindset para petani Sumsel dari konsumen menjadi produsen. Mengubah pola hidup sebelumnya yang tergantung pada banyak pihak sekadar untuk memenuhi kebutuhan pokok agar menjadi mandiri.

Dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan diharapkan pendapatan petani akan meningkat, mengurangi ketergantungan pemenuhan produk pertanian dari luar, serta dimaksudkan juga memutus rantai kemiskinan.

Foto bersama pimpinan dan anggota DPRD Sumsel. #adv/prima

 

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button