Ogan Ilir

Kampung Tertib Lalu Lintas Kreasi Satlantas Polres OI Diresmikan, Sarana Edukasi Kamsel Berkendara

Inderalaya

Setelah menyelesaikan pembangunan selama lima bulan, kampung tertib lalu lintas di Indralaya, Ogan Ilir diresmikan.

Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana hadir langsung meresmikan sarana edukasi berlalu lintas ini.

Chryshnanda menyampaikan, kampung tertib ini bertujuan menumbuhkan kesadaran berlalu lintas dari rumah sendiri.

“Dengan kampung tertib ini diharapkan dapat merubah perilaku berkendara secara signifikan,” kata Chryshnanda di sela acara peresmian, Kamis (15/9/2022).

Sesuai namanya, kampung tertib lalu lintas ditata dengan fasilitas seperti poslantas, taman lalu lintas, ada juga posko pelayanan.

Kemudian di sepanjang jalan 150 meter di lingkungan Kelurahan Indralaya Indah itu dilengkapi rambu, marka jalan, jalur khusus sepeda, trotoar.

Grafiti berisi pesan maupun ilustrasi tertib lalu lintas juga menghiasi dinding pagar rumah warga di lingkungan kampung tertib.

Ilustrasi pesan dibuat sedemikian rupa agar mudah dipahami masyarakat terutama anak-anak.

“Di sinilah tempat orang berhati mulia yang ingin memulai kesadaran berlalu lintas. Kita tahu Ogan Ilir merupakan daerah perlintasan dan kesadaran tertib lalu lintas harus dipupuk sejak dini,” pesan Chryshnanda.

Pria berkacamata ini juga berpesan agar ke depan perlu dibentuk semacam komunitas tertib lalu lintas.

“Saya yakin Ogan Ilir bisa tekan angka kecelakaan fatal di jalanan. Kampung tertib lalu lintas akan menjadi model percontohannya,” ucap Chryshnanda.

Pada kesempatan sama, Kasat Lantas Polres Ogan Ilir, AKP Putu Eka Dhenda Jayanti mengatakan, kampung tertib lalu lintas dibangun berkat kerjasama dengan Dinas PUPR dan Dinas Perkim Kabupaten Ogan Ilir.

Untuk ke depan, masyarakat lah yang menjadi operator kampung tertib lalu lintas ini.

“Tentunya nanti akan dibantu oleh personel Satlantas dan bakal ada kegiatan menarik dalam menyosialisasikan tertib lalu lintas,” kata Dhenda.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button