Ogan Ilir

Tumpukan Sampah di Tanjung Raja Dibersihkan, Sekda H Muhsin Abdullah Imbau Warga Tertib Buang Sampah

 

Inderalaya

Pemkab Ogan Ilir melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) menindaklanjuti laporan terkait persoalan sampah di dekat Terminal Tanjung Raja.

Plt Kepala DLHP Kabupaten Ogan Ilir Mira Diani mengatakan, tumpukan sampah di Tanjung mulai dibersihkan untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Tadi pagi petugas kami mulai membersihkan sampah di dekat Terminal Tanjung Raja," kata Mira melalui pesan WhatsApp, Jumat (12/4/2024).

Dua unit armada truk beserta belasan petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah.

Petugas tampak berjibaku mengangkut sampah yang bobotnya bertambah setelah diguyur hujan tersebut.

"Kami sudah bersurat ke lurah setempat untuk mengimbau warga agar jangan buang sampah ke dekat terminal pasar," kata Mira.

Selanjutnya DLHP Ogan Ilir akan mengarahkan warga untuk membuang sampah di satu titik yang ditentukan.

Spanduk berisi imbauan agar membuang sampah pada tempatnya, juga akan ditambah di seputaran pasar dan Terminal Tanjung Raja.

"Dengan upaya Pemkab Ogan Ilir melalui DLHP, kami juga mengimbau, mengajak masyarakat tertib dalam permasalahan sampah ini. Masyarakat hendaknya agar membuang sampah pada tempatnya demi kenyamanan lingkungan kita," pesan Mira.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir H Muhsin Abdullah berjanji segera merumuskan solusi permasalahan sampah ini.

H Muhsin juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di tempat umum yang merupakan pusat aktivitas.

"Buanglah sampah pada tempatnya, jangan dibuang sembarangan. Nanti kami akan bahas juga persoalan sampah ini dengan dinas terkait karena ini tanggung jawab kita bersama. Saya memerintahkan kepada Dinas DLHP agar maksimalkan penanganan masalah sampah ini dengan sarana dan prasarana yang ada dan himbauan kepada masyarakat buanglah sampah pada tempat yang sudah ditentukan Memang diakui armada angkutan dan sarana prasarana lainnya masih terbatas Insya Allah di tahun yang akan datang kita tambahkan sesuai dengan arahan Pak Bupati Panca agar penanganan sampai di Ogan Ilir ini agar lebih menjadi perhatian,"katanya. #prima

4 1 vote
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button