Uncategorized

PKKMB Unsri Pecahkan Rekor MURI Replika Logo Ecobrick Terbesar

Inderalaya

Universitas Sriwijaya (Unsri) pecahkan rekor MURI pada pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2024. Bertajuk replika logo universitas dari rangkaian ecobrick terbesar dan terbanyak se Indonesia. Selasa 6 Agustus 2024.

Ecobrick adalah adalah botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik sampai memadat. Sehingga bisa digunakan salah satunya sebagai batu bata dalam mendirikan bangunan.

Rektor Unsri, Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi menjelaskan pemecahan rekor MURI ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa baru. Merelisasikan kegiatan PKKMB Unsri tahun 2024. Unsri memecahkan rekor MURI dengan penyusunan botol ecobrick terbanyak se Indonesia.

"Pemecahan rekor ini melibatkan 5.184 botol ecobrick yang dikumpulkan oleh para mahasiswa Unsri. Disusun membentuk logo Universitas Sriwijaya," jelas Rektor.

Mengajak agar para mahasiswa lebih cinta terhadap lingkungan. Lebih peka akan limbah plastik di lingkungan sekitar.

"Jadi sebenarnya bukan penghargaan maupun pemecahan rekor MURI yang jadi tujuan utama. Melainkan bahwa bentuk kita peduli menjaga lingkungan," ungkap rektor.

Menurutnya, sampah plastik sudah menjadi problema global yang harus segera dikurangi. "Untuk itu, inisiatif anak-anak sangat kami dukung. Paling tidak, tidak membuang sampah plastik yang merusak lingkungan. Dimanfaatkan tidak sekali pakai, artinya juga bisa di daur ulang," jelasnya.

Sehingga, mudah-mudahan penggunaan plastik yang menimbulkan limbah tidak semakin banyak. "Jadi sekali lagi, bukan soal rekor murinya. Tapi mengajak seluruh civitas akademika sama-sama menjaga lingkungan," terang rektor.

Senior Manager MURI, Trion mengatakan bahwa setiap tahun pada penerimaan mahasiswa baru. Unsri selalu mencatatkan namanya dalam rekor dunia MURI. "Pada hari ini telah kita saksikan bersama penyusunan logo universitas Sriwijaya dari boto ecobrick terbanyak. Tidak kurang dari 5.184 botol ecobrick disusun menjadi sangat bagus dan cantik sekali," ungkapnya.

Rekor ini belum pernah dilakukan di Indonesia. Sekaligus menunjukkan unsri peka dan sangat perhatian terhadap limbah sampah plastik yang sudah jadi ancaman selama ini.

"Museum rekor Indonesia memberikan piagam penghargaan musem dunia Indonesia nomor 11783/R.MURI/VIII tahun 2024 atas rekor replika logo universitas dari botol ecobrick terbanyak di Indonesia. Diberikan kepada universitas Sriwijaya," katanya.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button