Ogan Ilir

Bupati Panca Targetkan Tim STQH Ogan Ilir Juara di Tingkat Provinsi

 

Inderalaya,JS

Bupati Panca Wijaya Akbar menaruh harapan besar bagi tim Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) asal Kabupaten Ogan Ilir untuk mengukir prestasi.

Panca bahkan menargetkan tim STQH dari Ogan Ilir juara umum di kompetisi tingkat provinsi.

"Tim STQH Ogan Ilir target harus juara provinsi. Jika tidak, maka ini jadi PR besar di tahun-tahun berikutnya," kata Panca saat membuka STQH ke-26 tingkat kabupaten di ruang serbaguna KPT Tanjung Senai, Rabu (24/3/2021).

Seperti diketahui STQH tingkat provinsi dilaksanakan di Martapura, OKU Timur pada tanggal 19 hingga 25 Mei mendatang.

Panca berjanji akan meningkatkan nilai uang pembinaan bagi para pemenang STQH tahun ini, sebagai bentuk penghargaan dan motivasi untuk para pemenang.

"Kita akan tingkatkan uang pembinaan, agar hafidz-hafidzah dan qori-qoriah kita tidak 'dicuri' kabupaten lain seperti yang selama ini terjadi. Karena sebelum-sebelumnya, Pemkab Ogan Ilir belum menghargai prestasi warganya sendiri," ujar Panca.

Pada STQH di tahun-tahun sebelumnya, kontingen Ogan Ilir selalu mengukir prestasi.

"Maka pada kesempatan selanjutnya, kita harus kembali berprestasi agar semakin menegaskan identitas Ogan Ilir sebagai daerah daerah santri," kata Panca.

Pada pembukaan STQH tingkat kabupaten ini diawali penampilan hadroh dari Rumah Tahfidz Al Ikhlas Tanjung Batu Seberang, penampilan juarai qasidah tingkat nasional, Lilis Syafitri dan pembacaan kalam Illahi serta pengukuhan dewan hakim.

Sementara, Ketua Panitia STQH, Muhsin Abdullah mengatakan, tujuan STQH adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Selain juga, ini bertujuan menciptakan dan menumbuhkan kecintaan pada Alquran," ujar Muhsin yang juga Pj Sekda Ogan Ilir ini.

STQH tingkat kabupaten ini dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Maret di KPT Tanjung Senai, Masjid Agung An Nur, Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya dan Pondok Pesantren Pena Kita Sakatiga.

Muhsin menjelaskan, cabang dan golongan pada STQH ini terdiri dari tilawah quran, hafidz quran serta tafsir hadits nabi.

"Jumlah peserta yang mengikuti STQH tingkat kabupaten ini berjumlah 220 orang berasal dari 16 kecamatan di Ogan Ilir. Peserta terbaik juara 1, 2 dan 3 setiap cabang dan golongan akan mendapat trofi dan uang pembinaan. Lalu, kecamatan yang menjadi juara umum akan mendapat piala bergilir dari Bapak Bupati Ogan Ilir," jelas Muhsin.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button