Ogan Ilir

Irwandi, Kades Sunur Resmi Dilantik Bupati Ogan Ilir Secara Spesial

Inderalaya

Desa (Kades) terpilih Irwandi Desa Sunur, Kecamatan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, salah satu peserta kontestan Calon Kades di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 15 Oktober 2022 kemarin, resmi di Lantik Bupati Panca Wijaya Akbar.

Proses pelantikan digelar di Desa Sunur, Selasa 6 Desember 2022, yang dihadiri Kejari Ogan Ilir, Nur Surya, Kapolsek Muara Kuang, Koramil Muara Kuang, para pejabat lingkungan Pemkab Ogan Ilir, Camat Muara Kuang, Ketua Bapilu Partai Gerindra Ogan Ilir, Hernawan, dan undangan lainnya yang memadati kursi yang disediakan panitia.

"Alhamdulillah secara langsung, hari ini saya dilantik pak Bupati Panca, Kemenangan Pilkades kemarin kemenangan Masyarakat Sunur. InsyaAllah saya akan mengemban tugas dan amanah ini dengan sebaik mungkin," tutur Kades Irwandi.

Tak lupa Kades Irwandi mengucapkan terima kasih kepada panitia Pilkades Desa Sunur, tim, dan masyarakat Sunur. "Mari kita sama-sama membangun Desa Sunur yang kita cintai ini," tukasnya.

Bupati Panca dalam sambutannya mengatakan selamat kepada Kades Irwandi dan Istri yang baru saja dilantik Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa Sunur.

"Pelantikan Kades Sunur hari ini sangat spesial, karena dilantik sendiri, karena tidak ada Desa tetangga, kalau yang lain itu ada yang dua, tiga, bahkan empat karena Desa tetangganya berdekatan," ujar Bupati Panca.

Dikatakannya, seyogyanya 172 Desa yang mengikuti Pilkades serentak kemarin akan dilantik perdesa-perdesa mengingat memakan waktu yang cukup lama jadi menyesuaikan waktu habisnya jabatan yang lain.

"Kepengennya tiap desa dilantik, mengingat makan waktu lama, jadi kita bagi gabungkan ada yang 2,3,dan bahkan empat Desa. InsyaAllah akhir Desember 172 Kades terpilih selesai dilantik. Mengingat masa jabatan Kades lama berakhir ada yang dibukan November dan akhir Desember 2022," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panca juga berpesan kepada Kades terpilih supaya menjunjung etika dan aturan yang berlaku dalam hal pergantian perangkat desa. Bagi perangkat desa hendaknya dapat mendukung Kades baru, namun bagi yang tidak berkenan silahkan mengundurkan diri.

"Kades baru jangan semena-mena, dan bagi perangkat desa harus mendukung. Apabila tidak mau ya silahkan mengundurkan diri. Begitu juga kades juga harus bersama saling memberikan dukungan dengan perangkat desa. Kita harus bersinergi antara pemerintahan desa dan kabupaten," tegasnya.

Pilkades kemarin katanya sempat memanas dibeberapa Desa. Namun, pelantikan ini hendaknya menjadi momentum untuk melupakan masalah Pilkades dan lupakan perbedaan.

Lebih jauh, Bupati Panca mengingatkan kepada kades yang baru saja dilantik agar berhati-hati dalam penggunaan dana desa.

"Untuk para kades terutama yang baru agar berkonsultasi soal penggunaan dana desa karena jangan sampai tersandung persoalan masalah apalagi sampai ke ranah hukum. Bisa konsultasi dengan Dinas PMD, Inspektorat, pihak Kepolisian maupun Kejari Ogan Ilir. Tujuannya agar tidak salah langkah,"jelasnya.

Selanjutnya Bupati melanjutkan ke Desa Tambang Rambang untuk melantik Kades terpilih Desa Tambang Rambang dan Tanjung Bulan, Lanjut Kedesa Sukananti untuk melantik Kades terpilih Desa Sukananti dan Desa Tangai Kecamatan Rambang Kuang.

Dalam menuju Desa Sunur dan Sukananti, romongan Bupati Panca dan Kejari Ogan Ilir Nur Surya melalui jalan tanah merah diperkebunan tebuh PTPN Cinta Manis yang membutuhkan kesabaran dalam melintasi medan jalan yang licin habis diguyur hujan.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button