Ogan Ilir

700 Orang Pemancing Ikuti Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit, Berebut Lele-Patin Terbanyak dan Terberat

#Hadiah Utama Memperebutkan 1 Unit Motor Matic

Inderalaya

Semarakkan HUT Ogan Ilir ke 19tahun, Pemkab Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan dan Forum Komunitas Mancing Caram Seguguk Ogan Ilir menggelar lomba mancing Ogan Ilir Bangkit, Minggu (25/12/2022)  di Balai Benih Ikan (BBI) Ogan Ilir di Tanjung Pering, Indralaya Utara. Sebanyak 700orang pemancing manis mengikuti kegiatan tersebut yang memperebutkan hadiah utama yaitu 1unit motor matic 

Para pemancing ini berlomba mendapatkan ikan patin, toman dan lele yang ditebar di kolam pemancingan BBI.

Ketua Panitia Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit, Bustanul Arifin mengatakan, lomba ini diselenggarakan oleh Forum Komunitas Mancing (FKM) Caram Seguguk.

“Lomba mancing ini dalam rangka menyambut HUT ke-19 Kabupaten Ogan Ilir pada Januari tahun depan,” kata Bustanul, Minggu (25/12/2022

Dijelaskan Bustanul, lebih dari 700 orang peserta mengikuti Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit ini.

Peserta tak hanya berasal dari Ogan Ilir, namun juga beberapa daerah di Sumatera Selatan.

“Peserta ada dari OKI, Palembang, Prabumulih, Banyuasin. Animo peserta cukup tinggi,” ungkap Bustanul.

Panitia pun telah menebar dua macam ikan yakni lele dan patin yang total seberat 3 ton, dengan bobot per ekor bervariasi.

Pemenang lomba mancing ini dibagi menjadi dua kategori, terberat dan terbanyak.

Untuk kategori terberat, berlaku untuk kedua jenis ikan dan juara pertama mendapatkan hadiah sepeda motor matic, juara dua sepeda gunung serta uang tunai dan juara tiga TV LED serta uang tunai.

Sementara kategori terbanyak, khusus ikan lele karena jumlah yang ditebar lebih banyak dibanding patin.

“Kategori terberat hanya juara satu dan dua. Juara satu dapat TV LED plus uang tunai dan juara dua dapat fishing tackle set atau alat pancing dan uang tunai. Bahkan kita juga memperebutkan1unit motor matic,” jelas Bustanul.

Selain hadiah, ada juga doorprize bagi para peserta yang belum beruntung mendapatkan ikan terberat maupun terbanyak.

Ketua Forum Komunitas Mancing Caram Seguguk sekaligus Anggota DPRD Ogan Ilir Afrizal SH mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk menyambut HUT Ogan Ilir ke 19tahun, menghidupkan geliat kegiatan pemancingan ikan air tawar di BBI Ogan Ilir serta meningkatkan wisata perairan di Ogan Ilir. Menurutnya panitia menyediakan hadiah menarik bagi pemenang seperti 1unit motor matic, 1unit sepeda beberapa TV led, serta hadiah menarik lainnya

Bupati Panca Wijaya Akbar pun membuka Lomba Mancing Ogan Ilir Bangkit ini.

Panca didampingi unsur Forkopimda menebar ikan patin yang memiliki bobot 5 hingga 12 kilogram per ekor.

Lele dengan bobot 1 hingga 2 kilogram per ekor juga dilepas ke kolam BBI Ogan Ilir.

“Memancing merupakan cara menangkap ikan paling ramah lingkungan. Kita ingin menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara yang tidak dibenarkan,” kata Panca.

Cara yang tidak dibenarkan dimaksud Panca seperti menggunakan setrum dan racun potasium.

“Di tahun mendatang, Pemkab Ogan Ilir akan restocking atau menebar ratusan ribu benih ikan ke sungai-sungai di Ogan Ilir. Maka cara menangkap ikan harus benar agar tidak merusak lingkungan,” pesan Panca. 

Ketua DPRD Ogan Ilir H Ahmad Syafei didampingi Anggota DPRD M Ali mengatakan kegiatan ini sangat positif disamping sebagai olahraga wisata juga melatih kesabaran, karena memancing dibutuhkan keahlian dan kesabaran. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button